Tiyuh Indraloka Mukti Melestarikan Kebudayaan Kesenian Indonesia

Kepalo Tiyuh menyerahan uang kepada kelompok kesenian kuda lumping

Negara kita Indonesia adalah negara yang beraneka kebudayaan tarian, adat, bahasa, dan masih banyak lagi. Kita seharusnya bangga akan keaneka ragaman budaya yang ada di negara kita Indonesia dapat dikatakan mempunyai keunggulan dibandingkan negara lainnya. Indonesia mempunyai potret kebudayaan yang lengkap dan bervariasi.

Namun yang berkembang saat ini banyaknya mayoritas orang yang sudah mulai mengabaikan bahkan melupakan kebudayaan bangsa seperti halnya tarian tradisional. Tak sedikit anak muda yang malah lebih senang menarikan tarian modern dari pada tarian tradisional.Dari waktu kewaktu, tarian tradisional sudah mulai tertutupi oleh adanya tarian modern mekipun tidak semua, tarian tradisional kini sudah tidak dilirik lagi, bahkan Anak-anak hingga kaum muda kini sudah lebih mengenal tarian modern dari pada tarian tradisional.

Melihat fenomena ini kita memang tak lantas dapat menyalahkan masyarakat yang lebih memilih menarikan tarian modern itu dibanding tari tradisional yang kita miliki. Perlunya ada penanaman dini tentang kecintaan terhadap budaya Indonesia khususnya seni bertari seperti mengenalkan seluruh tari-tarian tradisional agar setelah mereka mengenal lalu mereka tertarik untuk mempelajari selanjutnya. Atau kalau perlu diadakan ekstrakulikuler disetiap sekolah tentang tarian tradisioanal. Karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan melestarikan kebudayaan kita yang melimpah ruah ini.

Jika di biarkan terus menerus budaya yang sudah di buat oleh nenek moyang kita akan musnah, dengan demikian untuk melestarikan kesenian beberapa warga tiyuh indraloka mukti membentuk kelompok kesenian kuda lumping, dan tidak sampai disitu saja pemerintahan tiyuh indraloka mukti juga mengapresiasi akan kegiatan yang dilakukan kelompok warga tersebut dan menganggarkan dari DD (dana desa) sebesar Rp. 19.000.000 langsung di berikan ke kelompok kesenian kuda lumping untuk pembelian peralan kesenian atau yang di butuhkan kelompok kesenian tersebut

Kelompok kuda lumping @Firman

Sudah saatnya kita sebagai masyarakat Indonesia khususnya pelajar dan mahasiswa, harus bisa memilah apa yang masuk dari luar artinya kita harus bisa memilih dan menyaring mana yang lebih baik dan positif untuk kita ikuti. Bukan sekedar ingin mengikuti tren yang sudah ada tanpa memfilter terlebih dahulu. Sudah saatnya kita kembangkan dan lestarikan kembali tarian tradisional yang sudah mulai tertutupi oleh tarian modern, karena bagaimanapun itu adalah hasil cipta karya bangsa kita.

 

Facebook Comments
About indralokamukti 49 Articles
Tiyuh Indraloka Mukti Kec Way Kenanga Kabupaten Tulang Bawang Barat adalah Tiyuh yang berada di perbatasan antara Kabupaten Mesuji dan Tulang Bawang, dengan segala keterbatasan fasilatas yang sangat kurang memadai.