Pengertian BPT dan pergantian anggota BPT Tiyuh Indraloka Mukti

Badan Permusyawaratan Tiyuh (BPT) adalah lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan Tiyuh. BPT juga bisa dibilang sebagai parlemen Tiyuh. Anggota BPT merupakan perwakilan dari penduduk Tiyuh bersangkutan berdasarkan keterwakilan wilayah yang ditetapkan secara musyawarah dan mufakat. Masa jabatan anggota BPT yaitu 6 tahun dan bisa diangkat atau diusulkan kembali untuk 1 kali masa jabatan berikutnya. Pimpinan dan Anggota BPT tidak diizinkan untuk merangkap jabatan sebagai Kepalo Tiyuh dan Perangkat Tiyuh.

Tujuan pembentukan BPT yaitu:

  1. Memberikan pedoman bagi anggota masyarakat bagaimana mereka bertingkah laku atau bersikap sesuai dengan kedudukannya dalam menghadapi masalah dalam masyarakat yang berhubungan dengan kebutuhan masyarakat.
  2. Menjaga masyarakat agar tetah utuh.
  3. Memberikan pedoman bagi masyarakat untuk membuat sistem pengendalian sosial, seperti sistem pengawasan masyarakat terhadap tingkah laku anggotanya.
  4. Sebagai tempat demokrasi desa, anggota BPT dipilih dari dan oleh penduduk desa yang telah memenuhi persyaratan. Sedangkan pimpinan BPT dipilih dari dan oleh anggota BPT sendiri.

Kedudukan dan Fungsi Anggota BPT, diantaranya yaitu:

  1. BPT sebagai unsur penyelenggara pemerintahan Tiyuh.
  2. BPT dibentuk berdasarkan usulan masyarakat Tiyuh yang bersangkutan.
  3. Fungsi BPT yaitu menetapkan Peraturan Tiyuh bersama Kepalo Tiyuh, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

Sesuai keterangan di atas, maka Kepalo Tiyuh Indraloka Mukti pada tanggal 7/1/2018 sedang musyawarah menetapkan BPT serta Anggota BPT, acara tersebut dihadiri juga oleh salah satu anggota KKN Universitas Lampung.

Tampak dari sisi kanan Saudara Azis salah satu anggota KKN Universitas Lampung yang sedang mengikuti jalanya penetapan anggota BPT.

 

Tampak Kepalo Tiyuh Indraloka Mukti sedang membahas penetapan BPT dan anggota BPT.
Facebook Comments
News Reporter
Tiyuh Indraloka Mukti Kec Way Kenanga Kabupaten Tulang Bawang Barat adalah Tiyuh yang berada di perbatasan antara Kabupaten Mesuji dan Tulang Bawang, dengan segala keterbatasan fasilatas yang sangat kurang memadai.