Tugas dan wewenang panitia pemungutan suara

PPS adalah Panitia Pemungutan Suara, panitia  pemungutan suara yang dibentuk oleh KPU Kabupaten/Kota untuk menyelenggarakan Pemilihan di tingkat Desa atau sebutan lain Tiyuh. Tugas, wewenang, dan kewajiban Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang meliputi:

  1. Membantu KPU Kabupaten/Kota dan PPK dalam melakukan pemutakhiran data Pemilih, Daftar Pemilih Sementara, daftar Pemilih hasil perbaikan, dan Daftar Pemilih Tetap;
  2. Membentuk KPPS.
  3. Melakukan verifikasi dan rekapitulasi dukungan calon perseorangan.
  4. Mengusulkan calon petugas pemutakhiran data Pemilih kepada KPU Kabupaten/Kota.
  5. Mengumumkan daftar Pemilih.
  6. Menerima masukan dari masyarakat tentang Daftar Pemilih Sementara.
  7. Melakukan perbaikan dan mengumumkan hasil perbaikan Daftar Pemilih Sementara.
  8. Menetapkan hasil perbaikan Daftar Pemilih Sementara sebagaimana dimaksud pada no 7 untuk menjadi Daftar Pemilih Tetap.
  9. Mengumumkan Daftar Pemilih Tetap sebagaimana dimaksud pada no 8 dan melaporkan kepada KPU Kabupaten/Kota melalui PPK.
  10. Menyampaikan daftar Pemilih kepada PPK.
  11. Melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan Pemilihan di tingkat Desa atau sebutan lain/Kelurahan yang telah ditetapkan oleh KPU Kabupaten/Kota dan PPK.
  12. Mengumpulkan hasil perhitungan suara dari seluruh TPS di wilayah kerjanya.
  13. Menjaga dan mengamankan keutuhan kotak suara setelah perhitungan suara dan setelah kotak suara disegel.
  14. Meneruskan kotak suara dari setiap TPS kepada PPK pada hari yang sama setelah terkumpul nya kotak suara dari setiap TPS dan tidak memiliki kewenangan membuka kotak suara yang sudah disegel oleh KPPS.
  15. Menindak lanjuti dengan segera temuan dan laporan yang disampaikan oleh PPL.
  16. Melakukan evaluasi dan membuat laporan setiap tahapan penyelenggaraan Pemilihan di wilayah kerjanya.
  17. Melaksanakan sosialisasi penyelenggaraan Pemilihan dan/atau yang berkaitan dengan tugas dan wewenang PPS kepada masyarakat.
  18. Membantu PPK dalam menyelenggarakan Pemilihan, kecuali dalam hal perhitungan suara.
  19. Melaksanakan tugas, wewenang, dan kewajiban lain yang diberikan oleh KPU Kabupaten/Kota, dan PPK sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. dan
  20. Melaksanakan tugas, wewenang, dan kewajiban lain yang diberikan oleh peraturan perundang-undangan.

Sesuai keterangan di atas, dapat disimpulkan bahwasanya daerah yang sedang atau akan melakukan pemilihan maka harus ada panitia pemungutan suara, dan saat ini daerah yang akan melakukan pemilihan gubernur adalah provinsi lampung. salah satu Tiyuh yang ada di lampung sedang bekerja sama dalam pemutakhiran data pemilih yang akan di pergunakan dalam pemilihan gubernur mendatang.

Proses persiapan calon pemilih gubernur

Dan demi lancar nya kegiatan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2018, Petugas PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) PPS Dan Seketariat Tiyuh Indraloka Mukti saling bekerja sama dalam pemutakhiran data calon pemilih tahun 2018, 04/02/2018 PPS, Seketariat, dan PPDP melakukan penginputan daftar calon pemilih baru dan perubahan, data tersebut di dapat dari petugas PPDP yang telah bekerja di hari sebelumnya. Kegiatan ini dilaksanakan di rumah salah satu anggota PPS Tiyuh Indraloka Mukti.

Bekerja sebagai petugas pemungutan suara tidak sulit dan juga tidak mudah, akan tetapi siapa saja yang mau belajar pasti akan bisa melakukan hal yang besar maupun kecil.

Facebook Comments
News Reporter
Tiyuh Indraloka Mukti Kec Way Kenanga Kabupaten Tulang Bawang Barat adalah Tiyuh yang berada di perbatasan antara Kabupaten Mesuji dan Tulang Bawang, dengan segala keterbatasan fasilatas yang sangat kurang memadai.