Belajar jaringan menuju desa mandiri

Pengayaan sumber daya manusia yang mandiri dalam mengelola dan merawat jaringan.

Kamis 8 maret 2018 Rumah komputer atau sering disebut dengan Rucom menyelenggarakan Pelatihan Mikrotik dalam rangka menjadikan Desa mandiri dalam pengelolaan dan pemeliharaan jaringan internet. Yang di laksanakan selama 4 hari mulai tanggal 8 maret sampai 11 maret 2018. hal ini menjadi Program Rutin Rumah komputer untuk memajukan Dunia IT melalui pendidikan dan pelatihan.

Peserta belajar jaringan.

Dalam hal ini peserta berasal dari berbagai wilayah di Kabupaten Tulang bawang dan Tulang Bawang Barat. Diantaranya lain kampung Gedung aji Baru, kampung banjar agung, kampung balam jaya, kampung Indraloka Mukti, kampung bumi dipasena jaya, dan Makmur Jaya. Adapun peserta selama kegiatan mendapat materi MTCNA, mulai dari Introduction, Ctara akses mikrotik, routing, bridging, wireles, Firewall, Dhcp, Qos,Tunnel dan Misc. Hal ini sangatlah penting bagi para Operator Desa dalam rangka menjadikan Desa semakin mandiri dalam hal perawatan maupun pengelolaan Internet di kawasan Desa.

Pengisi materi pelatihan

Muhamad Kurniawan, S.Kom selaku pendiri Rumah komputer menyampaikan bahwa pelatihan ini sudah dilakukan sejak tahun 2016. Baik untuk Guru, siswa maupun Mahasiswa dan masyarakat umum. Pelatihan ini juga di dukung oleh RTIK Tulang bawang, Sideka.id, Forum sistem informasi desa dan kawasan banjar agung.

Pelatihan seperti ini sangat membantu desa-desa untuk memperkenalkan dan memajukan desa itu sendiri.

Facebook Comments