Upacara melasti menyambut hari raya nyepi

Tahun baru Saka bagi umat Hindu Bali merupakan kesempatan untuk memulai kembali kehidupan dengan hati yang suci. Melalui ritual amati geni pada Hari Raya Nyepi, setiap umat Hindu pada hakikatnya mendapat kesempatan untuk mengevaluasi capaian hidupnya selama satu tahun. Perbuatan dan perilaku dalam kehidupan yang lalu dan menyusun ulang rencana hidup satu tahun mendatang. Mendahului tahapan tersebut, pada 2 sampai 4 hari menjelang Nyepi, masyarakat Hindu Bali melakukan ritual pensucian diri dan lingkungannya. Ritual tersebut dinamakan upacara melasti.

Terlihat umat hindu sedang melaksanakan ritual.

Sehari menjelang Hari Raya Nyepi, umat Hindu di Tiyuh Indraloka Mukti melaksanakan ritual Tawur Kesanga pada jum’at (16/03/2018). Upacara dipusatkan di pertigaan dekat pura Tiyuh Indraloka Mukti. Umat dari seluruh adat pakraman di Indraloka Mukti sejak siang sudah memadati pertigaan agung. Upacara berlangsung dari pukul 15.00 WIB dan selesai pada pukul 18.30 WIB. Acara sembahyangan di pimpin oleh Bapak Mangku  Ketut Budi dihadiri oleh umat hindu Tiyuh Indraloka Mukti kurang lebih 60 Orang.Acara tsb dilakukan Pengamanan oleh Polsek Lambu Kibang yg dipimpin oleh Kapolsek Lambu Kibang IPTU A. MALIK Serta Kanit Binmas Polsek Lambu Kibang IPDA HOLILI dan Bhabinkamtibmas Tiyuh Indraloka Mukti BRIPKA BAMBANG S.

Terlihat Bapak Bambang S sedang melakukan pengamanan di lokasi ritual.

Dalam arahan nya Kapolsek Lambu Kibang menyampaikan Agar Kerukunan Antar umat beragama selalu terjaga dan Tali Silaturrahmi tetap dipererat jgn sampai ada perpecahan dan Masyarakat Bersama sama menciptakan situasi yang aman, nyaman dan kondusif.

Facebook Comments
News Reporter