Pak misni tukang bajak tradisional

Tukang bajak tradisional Tiyuh Indraloka Mukti.

Mata pencaharian warga masyarakat Tiyuh Indraloka Mukti mayoritas yaitu petani karet, petani singkong, petani sayuran, buruh harian, dan masih banyak lainnya. Di Tiyuh Indraloka Mukti juga masih ada beberapa warga masyarakat yang masih menggunakan bajak tradisional untuk mata pencaharian tambahan bagi mereka yang mempunyai hewan ternak sapi.

Pak Misni adalah salah satu warga Tiyuh Indraloka Mukti yang dalam harian nya beliau adalah tukang bajak tradisional yang ada di Tiyuh Indraloka Mukti. Belau bekerja sebagai tukang bajak tradisional untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Bapak dari dua anak dan enam cucu ini usianya sudah sekitar 63 tahun. Menurut keterangan nya Bapak Misni walau pun di masa yang sudah canggih dari sisi teknologi terutama di bidang  pengolahan tanah pertanian saya tetap optimis, karena inilah satu-satunya usaha saya dan rezeki tuhan yang mengatur. di waktu yang sama menurut obrol an Bapak Misni kalau perolehan hasil tidak biasa di pastikan tergantung jikalau musim hujan mungkin agak lumayan dengan wajah agak malu-malu tidak mau menyebutkan nominal nya.

 

Tukang bajak tradisional Tiyuh Indraloka Mukti.


 

Pak Misni bertempat tinggal di Tiyuh Indraloka Mukti semenjak tahun 1988. dahulu Pak Misni ikut transmigrasi dengan beberapa kepala keluarga yang berasal dari daerah  asalnya. yaitu daerah Way Abung atau kampung marga kencana. Sejak itulah beliau mulai bekerja sebagai tukang bajak tradisional hingga detik ini.

Penulis : Purnomo

Facebook Comments
About indralokamukti 49 Articles
Tiyuh Indraloka Mukti Kec Way Kenanga Kabupaten Tulang Bawang Barat adalah Tiyuh yang berada di perbatasan antara Kabupaten Mesuji dan Tulang Bawang, dengan segala keterbatasan fasilatas yang sangat kurang memadai.