Transparansi pengelolaan keuangan Dana Desa

Transparansi Dana Desa Tahun Anggran 2018 .

Indralokamukti.sideka.id – Alokasi dana desa yang dikucurkan Pemerintah Pusat maupun dari APBD harus diumumkan secara transparan pada publik, khususnya warga desa setempat. Hal tersebut untuk menghindari terjadinya penyelewengan dana, kecurigaan publik, dan supaya pembangunan di desa dapat berlangsung secara kondusif. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 yang mengatur tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yang mengatur tentang Transparansi pengelolaan keuangan Dana Desa. Namun, transparansi pengelolaan Dana Desa masih dianggap sebagai ancaman bagi sebagian pejabat publik. Akan tetapi pola pikir semacam itu berbanding terbalik dengan permerintahan di Tiyuh Indraloka Mukti Kecamatan Way Kenanga Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Kenapa bisa di bilang seperti itu? Pemerintahan Tiyuh Indraloka Mukti tidak sungkan untuk menyampaikan secara detail kepada warga masyarakat yang tinggal di Tiyuh Indraloka Mukti tentang pengelolaan anggaran dana desa dan alokasi dana maupun pendapatan asli desa. Kepalo Tiyuh Indraloka Mukti yaitu Bapak Gede Sutejo yang menjabat sebagai kepalo tiyuh sejak tahun 2016 ini tidak segan menyampaikan pengelolaan anggaran yang ada di desa disetiap musyawarah dusun maupun musyawarah desa.

Rincian anggaran yang di terima atau anggaran yang di kelola oleh pemerintahan Tiyuh Indraloka Mukti.

Kepalo Tiyuh Indraloka Mukti ini selain menyampaikan tentang pengelolaan dana desa secara lisan juga menyampaikan secara tulisan melalui alat peraga dan situs tiyuh indraloka mukti sendiri. Alat peraga di letakkan di lokasi-lokasi strategis di setiap suku. Dalam pemasangan alat peraga di dalam satu suku atau dusun di pasang dengan satu alat peraga dengan rincian anggaran yang di tuangkan dalam APBT (Anggaran Pendapatan Belanja Tiyuh Indraloka Mukti).

Facebook Comments
About indralokamukti 61 Articles
Tiyuh Indraloka Mukti Kec Way Kenanga Kabupaten Tulang Bawang Barat adalah Tiyuh yang berada di perbatasan antara Kabupaten Mesuji dan Tulang Bawang, dengan segala keterbatasan fasilatas yang sangat kurang memadai.