Sejarah TPA Tribakti Al-Furqon Tiyuh Indraloka Mukti

Indralokamukti.sideka.id – TPA TRIBAKTI AL-FURQON yang beralamatkan di Tiyuh Indraloka Mukti  RT 10 Suku 03. TPA ini berdiri pada tanggal 12 juli 2010 yang di asuh  oleh Bapak Ahmad Sholikin ketika masih lajang (belum berumah tangga ) atau mulai umur 26 tahun. Seusainya menyelesaikan   pendidikan di pondok pesantren TRI BAKTI AL TAQWA lampung timur. setelah dua  tahun merintis dan menjadi pengasuh  TPA TRIBAKTI AL-FURQON dalam keadaan masih lajang  pada tahun 2012 ahirnya Bapak Ahmad sholikin menyimpulkan untuk berumah tangga. dan untuk saat ini  TPA TRIBAKTI AL-FURQON  di asuh bersama istrinya yaitu ibu quswatun khasanah.

Menurut keterangan Bapak Ahmad Sholikin adanya TPA TRIBAKTI AL-FURQON ini, tempat untuk menuntut ilmu agama islam khususnya untuk anak-anak yang ada di lingkungan TPA dan umumnya anak-anak dari Tiyuh Indraloka Mukti. TPA TRIBAKTI AL-FURQON jumlah santri Putra dan santri putrinya sekarang  ada sekitar 85. dan rata-rata yang menjadi muridnya masih sekolah  mulai dari  TK sampai SLTA. Jadwal mengajarnya TPA TRIBAKTI AL-FURQON ini mulai dari Jam 15.00 hingga sore hari.

Foto proses belajar santri dan santriwati.

Sistem belajar yang di terapkan di TPA TRIBAKTI AL-FURQON di bagi menjadi enam tingkatan yaitu. Tingkat pertama atau kelas satu. mendapat giliran yang pertama dalam mengajarinya. dan seterusnya di lanjutkan  sampai ke tingkat yang ke enam atau yang terakhir. Materi pelajaran yang di berikan pun banyak jenisnya dari mulai bersuci atau wudhu, terus menghafal doa doa yang di lakukan dalam keseharian.  Praktik gerakan cara sholat, mengenal huruf   hijah iyah, belajar membaca  iqro’ dan alquran, belajar kitab anwir khori. dan masih banyak kitab-kitab lainnya yang di ajarkanya oleh beliau.

Dari sisi prestasi TPA TRI BAKTI AL FURQON para santrinya pun pernah memenangkan beberapa  bidang perlomba keagamaan di antaranya. Juara dua dakwah kecil (dakcil) tingkat kabupaten. Juara satu qirok ah tingkat desa. Juara dua, kali grafi tingkat desa. dan masih banyak prestasi’ lainya. Selain belajar mengaji kitab  sebagian para santri TPA TRI BAKTI AL FURQON mempunyai grub marawis guna untuk mengumandangkan sholawat” di setiap acara peangaijan.

Foto RelawanTIK Indraloka Mukti meminta keterangan kepada Bapak Ahmad Sholihin Sejarah TPA Tribakti Al-Furqon.

Ada pun Bapak Ahmad Sholikin mau menjadi pengasuh TPA TRIBAKTI AL-FURQON menurut keteranganya  atas dasar kemauan dan ke iklasan diri sendiri, Guna untuk membagikan ilmunya supaya lebih bermanfaat bagi lingkungan, khususnya dan umumnya untuk Tiyuh Indraloka Mukti  atau Indonesia. demi generasi yang akan datang menjadi  lebih baik dari sisi ahklaknya. Dan kini Bapak Ahmad Sholikin pun selau mohon dukungan dan do’anya baik dari masyarakat maupun sisi pemerintahan setempat, agar dalam mengabdikan dirinya sebagai pengasuh TPA TRIBAKTI AL-FURQON selalu di beri kekuatan lahir maupun batin kelak kiranya ilmu yang di ajarkan kepada murid muridnya bisa berguna bagi agama dan negara. (Amin)

Penulis : Purnomo

Facebook Comments
News Reporter
Tiyuh Indraloka Mukti Kec Way Kenanga Kabupaten Tulang Bawang Barat adalah Tiyuh yang berada di perbatasan antara Kabupaten Mesuji dan Tulang Bawang, dengan segala keterbatasan fasilatas yang sangat kurang memadai.