Bapak Putu Kusumo Peternak Sapi Tiyuh Indraloka Mukti

Peluang untuk usaha ternak sapi yang menguntungkan terbilang sangat bagus dan sangat cerah. Usaha ternak sapi menjadi suatu pilihan usaha beternak sapi yang menjanjikan hingga banyak orang yang tertarik menekuni usaha tersebut. Peluang untuk usaha ternak sapi masih terbuka lebar serta sangat menguntungkan oleh siapa saja. Apakah anda berminat menjalankan pilihan usaha ternak sapi ini? Usaha peternakan sapi sangat mudah dijumpai di pedesaan ketimbang di kota. Karena lahan di pedesaan yang masih sangat luas dan mendukung. Serta pakan sapi alami yang tersedia banyak di alam berupa rerumputan.

Bapak Putu Kusumo adalah salah satu warga RT 06 SUKU 02 Tiyuh Indraloka Mukti, Kecamatan Way Kenanga Kabupaten Tulang Bawang Barat. Bapak Putu Kusumo mulai merintis usaha ternak sapi semenjak  bulan Februari 2018. Awal mula ternak hanya memilhaara 6 ekor sapi tapi ketika melihat perkembangannya bisa di yakini akhirnya dalam kurun kurang lebih 6 bulan sekarang sudah berjumlah 30 ekor. Menurut keterangan Bapak Putu Kusumo sebenarnya tidak begitu sulit untuk menjadi peternak sapi ketika kita ada kemauan semua atau siapa pun pasti bisa. karena dengan keadaan alam yang ada di pedesaan seperti makanan ternak masih sangat terjangkau misalnya seperti rumput, daun singkong masih banyak di sekeliling kita.

Foto Bapak Purnomo RelawanTIK yang sedang mewawancarai Bapak Putu Kusumo selaku peternak sapi.

Bapak Putu Kusumo dalam memenuhi kebutuhan pakan ternak sapi adalah dengan mulai dengan kulit singkong, onggok (Ampas Singkong), dan rumput di cincang, Terhitung sesuai 30an ekor sapi di perkirakan aset saat ini kurang lebih sebesar 400-500 jutaan jika di uangkan.  dan saat ini juga Bapak Putu Kusumo pun sudah bisa melayani penjualan hasil ternaknya ketika ada masyarakat  yang membutuhkan baik untuk hewan kurban atau hanya untuk di potong dan dijadikan makanan harian. Bapak Kusumo menjual harga sapi per ekor kisaran jutaan hingga puluhan juta.

Foto bersama RelawanTIK dan Bapak Putu Kusumo peternak sapi beserta orang tuanya.

Tujuan Bapak Putu Kusumo memilih ternak sapi adalah selain untuk menambah penghasilan usahanya. di sisi lain untuk memberi inspirasi kepada lingkungan atau umumnya bagi masyarakat Indraloka Mukti. Agar kiranya masyarakat yang masih ragu atau belum tahu soal cara ternak sapi bisa mengikuti cara-cara penggemukan atau ternak sapi yang di miliki Bapak Putu Kusumo. yang benar-benar bisa menopang perekonomian untuk jangka panjangnya.

Penulis : RelawanTIK Tiyuh Indraloka Mukti

Facebook Comments
News Reporter
Tiyuh Indraloka Mukti Kec Way Kenanga Kabupaten Tulang Bawang Barat adalah Tiyuh yang berada di perbatasan antara Kabupaten Mesuji dan Tulang Bawang, dengan segala keterbatasan fasilatas yang sangat kurang memadai.