Tadarus Rutin Jamaah Tiyuh Indraloka Mukti

Indralokamukti.sideka.id – Kegiatan tadarus rutin yang di lakukan setiap hari minggu Pon bulan pertama di lakukan secara bergilir di setiap masjid atau mushola di Tiyuh Indraloka Mukti yang di lakukan oleh umat islam yang ada di Tiyuh Indraloka Mukti. Kali ini tiba giliran di Mushola Darus Salam RT 07 suku o5 Tiyuh Indraloka Mukti Kecamatan Way Kenanga Kabupaten tulangbawang Barat. (Minggu 4/11/2018).

Aritkel Terkait : Perbaikan Mushola Baitin-Nur

Menurut keterangan para tokoh agama Islam yang ada di Tiyuh Indraloka Mukti dan sekaligus sebagai pendiri dan pengiat tadarus Al- quran bergilir ini. Hikmah dari tadarus Al- Quran adalah Al-Quran merupakan mukjizat yang di turunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhamad SWA yang memiliki keutamaan bagi yang membaca dan mendengarkan atau pun menghafalnya.

Lihat Juga : Cara Menghemat listrik Kulkas

Makna tadarus adalah berasal kata darasa yadrusu, yang artinya mempelajari, meneliti, menelaah, mengkaji dan mengambil pelajaran dari wahyu-ahyu Allah SWT. Lalu kata darasa ketambahan huruf Ta’ di depanya sehingga menjadi tadarasa yatadarusu, maka maknanya bertambah saling belajar, atau mempelajari lebih mendalam. Istilah tadarus sebenarnya agak berbeda antara bentuk yang kita saksikan sehari-hari dengan makna bahasanya. Tadarus biasanya berbentuk sebelum majelis di mana para pesertanya membaca Al- Quran bergantian,atau membaca Al-Quran secara serentak dan bersama-sama serta di damping oleh pembimbing. Tadarus Al-Quran atau kegiatan membaca Al-Quran merupakan bentuk peribadatan yang di yakini dapat mendekatkan diri kepada Allah SwT. Dan dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan yang berimplikasi pada sikap dan perilaku positif, dapat mengontrol diri, dapat tenang, lisan terjaga, dan istikoomah dalam beribadah.

Foto santri dan santriwati yang sedang tadarus rutin.

Lihat Juga : Cara Menghemat Kuota Internet

Kegiatan tadarus yang di lakukukan secara bergilir di setiap mushola dan masjid  di Tiyuh Indraloka Mukti ini,  peserta tadarusnya dilakukan oleh semua usia  putra maupun putri yang sudah faham atau bisa membaca Al-Quran. Dan adanya kegiatan tadarus rutin ini harapan masyarakat, pemerintah dan para tokoh agama isalam yang ada di Tiyuh Indraloka Mukti ini, bisa menjadikan suasana Tiyuh yang aman, damai dan sejahtera  Amin.

Facebook Comments
News Reporter
Tiyuh Indraloka Mukti Kec Way Kenanga Kabupaten Tulang Bawang Barat adalah Tiyuh yang berada di perbatasan antara Kabupaten Mesuji dan Tulang Bawang, dengan segala keterbatasan fasilatas yang sangat kurang memadai.