Pengajian Akbar Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

Pada tanggal 17 Nopember 2018 di Rt 09 suku 03, Tiyuh Indraloka Mukti, Kecamatan Way Kenanga, Kabupaten Tulang bawang Barat, Propinsi Lampung. mengadakan pengajian maulid Nabi SWA di mushola Al Iklas. dan sekaligus pengajian rutinan tuju belasan yang di laksanakan setiap tiga bulan sekali di setiap masjid atau mushola-mushola yang ada di tiyuh Indraloka Mukti.

Bulan maulid adalah, bulan dimana sejarah  hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Di peringati sebagai hari  libur Nasional di Indonesia. Di kenal sebagi istilah Maulid Nabi, tanggal ini di ambil dari perhitungan kalender bualan islam. Maulid Nabi jatuh pada tanggal 12 bulan ke tiga Islam rabi’ul awal.

Nabi Muhammad, SAW lahir di mekah, sebuah kota di wilayah Saudi Arabia pada tahun 570 Masehi. Selama masa kecilnya, Muhammad di kenal sbagai sosok yang pendiam, dan ibunya telah meniggal dunia karena sakit pada tahun 576 masehi. Setelah kematian ibunya, Muhammad di serahkan oleh pamannya, Abu thalib sampai ia dewasa.

Foto acara berlangsung pengajian akbar.

Peringatan Maulid Nabi yang di adakan di Mushola Al-Iklas ini. di isi oaleh pencaramah bapak, KH Imam Ibnu Mubarok, dari kali Pasir Rumbia Lampung Tengah. Dalam tausiahnya KH Imam Ibnu Mubarok menghimbau kepada seluruh pengunjung pengajian agar kiranya kita adanya peringatan Maulid Nabi Muhammad,SAW ini dapat meningkatkan, ke imanan kita kapada Allah SWT. dan rasa cinta kita kepada Nabi Muhmmad SAW, Nabinya ahiru jaman.

Dan terselengaranya acara ini hasil kesadaran musawarah umat muslim Tiyuh Idraloka Mukti. untuk ber partisipasi  suwadaya guana untuk terselengara atau terwujudnya pengajian maualid Nabi Muhammad,SAW sekaligus pengajian rutinan tuju belasan.

Acara tradisi   Maulid Nabi Muhammad, SAW ini juga, tidak hanya di meriahkan dengan cara atau acara pengajian saja. Tapi ada juga yang mengadakan dengan cara ritual Grebek Maulid yang sangat besar dan terkenal di wilayah Surakarta, Jawa Tengah. Selama ritual ini gunungan akan diarak dari istana kasunanan Surakarta ke masjid Agung. Gunungan initerdiri dari hasil-hasil pertanian, kudapan,dan uang logam. Dan apapun cara kita dalam memperigati hari lahirnya Nabi Muhammad,SAW ini yang paling penting tidak melanggar akidah agama dan lebih menambah ke imanan kita kepada Allah SWT.

Penulis : Purnomo

Facebook Comments
News Reporter
Tiyuh Indraloka Mukti Kec Way Kenanga Kabupaten Tulang Bawang Barat adalah Tiyuh yang berada di perbatasan antara Kabupaten Mesuji dan Tulang Bawang, dengan segala keterbatasan fasilatas yang sangat kurang memadai.