Rapat Membangun Sistem Informasi Desa

Sistem Informasi Desa dan Kawasan – Kamis 6 Desember 2018 Sekitar Pukul 14.00 Bapak Badar dan Bapak Yayon sebagai perwakilan Pandu Desa mengadakan pertemuan dengan Kak Roy dan Kak Firman  sebagai perwakilan Relawan TIK Kabupaten Tulang Bawang Barat untuk membahas pembangunan sistem informasi desa dan kawasan khususnya di Tulang Bawang Barat dan sekitarnya. Karena mengingat Undang-Undang No 6 Tahun 2014 Pasal 86 yakni :

  1. Desa berhak mendapatkan akses informasi melalui sistem informasi Desa yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.
  2. Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib mengembangkan sistem informasi Desa dan pembangunan Kawasan Perdesaan.
  3. Sistem informasi Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) meliputi fasilitas perangkat keras dan perangkat lunak, jaringan, serta sumber daya manusia.
  4. Sistem informasi Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) meliputi data Desa, data Pembangunan Desa, Kawasan Perdesaan, serta informasi lain yang berkaitan dengan Pembangunan Desa dan pembangunan Kawasan Perdesaan.
  5. Sistem informasi Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dikelola oleh Pemerintah Desa dan dapat diakses oleh masyarakat Desa dan semua pemangku kepentingan.
  6. Pemerintah Daerah Kabuten/Kota menyediakan informasi perencanaan pembangunan Kabupaten/Kota untuk Desa.

Foto Pandu Desa dan Relawan TIK Tulang Bawang Barat.

Oleh sebab diatas Pandu Desa dan Relawan TIK Tulang Barat Ini bersatu untuk membangun sistem informasi desa dan kawasan menggunakan platform SIDeKa yang dibangun oleh BP2DK dan Instansi yang lainnya. Sebab dan alasan kenapa menggunakan platform SIDeKa dikarenakan semua keperluan tentang desa sudah tersedia di platform tersebut. Mulai dari Situs Desa, Pengelolaan Data Kependudukan, Sistem Keuangan Desa, dan Pemetaan Desa. Hasil musyawarah tesebut akan dilaksanakan mulai minggu depan, yang akan dihadiri oleh Bapak Dana Putra Yuda dari BP2DK secara langsung.

Foto Pandu Desa dan Ketua Relawan TIK Tulang Bawang Barat.

Facebook Comments
News Reporter
Tiyuh Indraloka Mukti Kec Way Kenanga Kabupaten Tulang Bawang Barat adalah Tiyuh yang berada di perbatasan antara Kabupaten Mesuji dan Tulang Bawang, dengan segala keterbatasan fasilatas yang sangat kurang memadai.