Kegiatan Rutin Posyandu Delima

Indralokamukti.sideka.id – Setiap tanggal 12, di RT 13 RW 04 Tiyuh Indraloka Mukti melakukan kegiatan posyandu anak balita dan ibu hamil secara rutin. Istilah posyandu ialah pos pelayanan terpadu yang gunanya untuk melayani, memeriksa dan pemberian gizi pada anak atau balita dan ibu hamil yang ada di Tiyuh Indraloka Mukti. Seiring perkembangan kebijakan, strategi, dan pendekatan pengelolaan kesehatan masyarakat, keberadaan pos pelayanan terpadu (posyandu) juga mengalami pasang surut. Kemudian lahir konsep revititalisasi posyandu, dan pendekatan lainnya, yang pada dasarnyan kesemuanya bermuara pada pemahaman akan pentingnya peran posyandu sebagai ujung tombak pengerak dan pelayanan kesehatan masyarakat.

Foto Proses Kegiatan Posyandu Berlangsung.

Posyandu Delima adalah nama salah satu posyandu yang ada di Tiyuh Indraloka Mukti. Posyandu ini di tangani oleh 7 orang keder, yaitu. Estik muntofiah, Tantiah, Siti khodtijah, Giatun, Surahmi, Kun asmarawati dan Titin. Diantara nama-nama 7 kader tersebut ada satu orang ketua kader yaitu atas nama, Giatun. Menurut keterangan Giatun selaku ketua tim kader beliau mengatakan, posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat (UKBM) yang di kelola dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat. guna untuk memperdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar, bagi ibu, bayi dan anak balita.

Foto Proses Kegiatan Posyandu Berlangsung.

Kegiatan posyandu terdiri dari kegiatan utama dan kegiatan pengembangan yaitu, kegiatan ibu dan anak, keluarga berencana, imunisasi, gizi, pencegahan dan penangulanan diare. Di sisi lain pemerintah Tiyuh Indraloka Mukti mengarahkan semua masyarakatnya yang membutuhkan kesehatan dasar yang ada di posyandu terutama, bayi dan anak balita, ibu hamil, ibu nifas dan ibu menyusui agar, dan sekiranya masyarakat yang ada di Tiyuh Indraloka Mukti adannya posyandu bisa paham akan manfaatnya dan bisa mengikuti kegiatan yang sudah menjadi rutinan di setiap tanggal 12.

Beberapa Manfaat Posyandu Bagi Masyarakat

  1. Memperoleh kemudahan untuk mendapatkan informasi dan pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi, dan anak balita.
  2. Pertumbuhan anak balita terpantau sehingga tidak kekurangan gizi.
  3. Bayi dan anak mendapatkan kapsul vitamin A.
  4. Bayi mendapat imunisasi lengkap.
  5. Ibu hamil akan terpantau berat badanya dan mendapat teblet tambah darah (Fe) serta imunisasi tetanus toksoid (TT).
  6. Ibu nifas memperoleh kapsul vitamin Adan tablet tambah darah (Fe).
  7. Mempaeroleh penyuluhan kesehatan terkaitkesehatan ibu dan anak.
  8. Apa bila terdapat kelainan pada bayai, anak balita, ibu hamil, ibu nifas dan ibu menyusui dapat segera di ketahui dan di rujuk ke puskesmas.dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang kesehatan ibu, bayi, dan anak balita.

Penulis : Purnomo

Facebook Comments
News Reporter
Tiyuh Indraloka Mukti Kec Way Kenanga Kabupaten Tulang Bawang Barat adalah Tiyuh yang berada di perbatasan antara Kabupaten Mesuji dan Tulang Bawang, dengan segala keterbatasan fasilatas yang sangat kurang memadai.